Penyakit Kencing Batu

Penyakit kencing batu atau batu yang terdapat di saluran kemih yang merupakan penyakit yang banyak diderita. Sakit kencing batu ini menimbulkan gejala yang dirasakan cukup hebat seperti sakit saat ingin berkemih dan nyeri pada perut. Penyakit kencing batu merupakan cikal bakal dari penyakit gagal ginjal. Hal ini dikarenakan penyakit kencing batu yakni terdapatnya batu pada saluran kemih berhubungan langsung dengan fungsi organ ginjal. Karena ginjal salah satu organ tubuh manusia yang vital keberadaannya sangat mempengaruhi kehidupan manusia.

Jika di Amerika Serikat kasus penyakit kencing batu ini mencapai sekitar 36 orang dari 100.000 jumlah dari total penduduk Amerika. Sedangkan di Indonesia penderita kencing batu mencapai angka yang cukup signifikan dan merupakan penyakit penyebab gagal ginjal bersama infeksi saluran kandung kemih.

Untuk mengenali jenis penyakit kencing batu ini diperlukan diagnosis yang cukup teliti untuk mengetahui jenis, sifat dan kompoisis batu kemih dalam saluran kandung kemih. Memang belum diketahui secara pasti terjadinya batu kemih di saluran kandung kemih. Penyebab terbentuknya batu kemih pada saluran kandung kemih ini disertai oleh beberapa faktor seperti faktor biologik dan faktor genetik.

Gambar bentuk batu ginjal yang penyebabnya diadaptasi dari penyakit kencing batu.

Adapun faktor genetik memiliki pengaruh seperti :

- septiuria
- hiperkalsiuria primer
- dan hiperoksaliuria primer

Adapun faktor biologiknya adalah :

- supersaturasi urin
- kekurangan faktor proteksi
- perubahan pH urin
- nucleasi serta faktor yang dapat melekatkan kristal tubulus renalis.

Selain faktor genetik dan biologi adapula faktor lainnya yang memicu terjadinya kencing batu, jika dilihat dari segi fisik dan ekonomi, seperti :

- Jenis kelamin

Pria memiliki resiko yang lebih tinggi dibanding dengan wanita yakni 3:1

- Di lihat dari Ras

Lebih sering ditemukan dan diderita oleh orang Asia dan Afrika

- Faktor keturunan

Faktor keturunan juga memainkan peranan penting dalam penyakit apapun. Jika orangtua memiliki riwayat penyakit kronis tertentu atau penyakit lainnya, maka diturunkan oleh anaknya dengan resiko 6 kali besar.

- Kebiasaan hidup yang dijalani

Seseorang yang rajin atau rutin mengkonsumsi air putih minimal 8-10 gelas perhari atau dengan takaran 1-2 liter per hari akan meningkatkan diuresis untuk mencegah terjadinya batu.

- Seseorang yang banyak bergerak atau rajin beraktivitas memiliki resiko lebih kecil terkena kencing batu dibanding dengan seseorang yang jarang bergerak.

- Faktor sosial dan ekonomi

Umumnya penyakit kencing batu pada saluran kandung kemih bagian atas cenderung lebih banyak mendera pada masyarakat dengan keadaan sosial ekonomi yang lebih tinggi, dalam arti mereka yang memiliki tingkat sosial ekonomi lebih tinggi biasanya lebih banyak mengkonsumsi protein hewani dan karbohidrat. Hal ini terjadi sebaliknya pada mereka yang memiliki tingkat sosial ekonomi lebih rendah.

- Letak geografis

Masyarakat yang tinggal didaerah yang dengan cuaca iklim yang cukup panas (tropis) memiliki reiko lebih besar terserang penyakit kencing batu, hal ini disebabkan oleh mereka yang tinggal di daerah tropis seperti halnya Indonesia. Mengeluarkan cukup banyak keringat sehingga sering terjadi dehidrasi yang membutuhkan cairan lebih banyak dalam tubuh. Produksi keringat yang lebih banyak akan mengurangi produksi urine.

- Adanya infeksi

Terjadinya infeksi pada bagian ureter atau saluran kandung kemih yang mungkin disebabkan terjadinya infeksi di dalam saluran kandung kemih.

Proses terjadinya batu saluran kencing disebabkan oleh supersaturasi. Supersaturasi merupakan bahan tertentu yang terdapat di dalam urine yang melebihi kapasitas dan kemampuan cairan urine utnuk melarutkannya. Yang disebut supersaturasi adalah bahan-bahan yang mengandung garam-garam dari oksalat, asam urat, sistein dan xantine. Apabila kadar garam lebih tinggi disertai dengan pengurangan volume urine akan mengakibatkan terjadinya kristalisasi.


=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Kencing Batu and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>